Melii's Diary

menjadii sosok gadis yang polos,, dan selalu ingin melakukan yang terbaik untuk orang-orang di sekitar dan orang-orang tersayang terlebih untuk Tuhan yang selalu ada dan menjadi kekuatan dalam setiap detik hidup yang kujalani..

HOME | MY PROFIL

Rabu, 27 Oktober 2010

Terminologi berkaitan dengan pendidikan kesehatan

1. Penerangan kesehatan
Adalah upaya memberikan penjelasan atau menyebarluaskan pesan pada perorangan, kelompok atau masyarakat untuk menumbuhkan perhatian, pengertian, dan kesadaran mengenari perilaku sehat atau kehidupan yang sehat. Kegiatan ini bersifat satu arah (one way traffic/one way method), tidak ada kesempatan tanya jawab. Istilah ini dulunya digunakan oleh Departemen Penerangan dan biasanya tidak disertai dengan monitoring dan evaluasi.

2. Penyuluhan kesehatan
Adalah kegiatan pendidikan kesehatan yang dilakukan dengan menyebarkan pesan, menanam keyakinan, sehingga masyarakat tidak saja sadar, tahu dan mengerti, tetapi juga mau dan bisa melakukan suatu anjuran yang ada hubungannya dengan kesehatan. Dalam hal ini petugas penyuluh harus menguasai ilmu komunikasi dan menguasai materi yang menjadi pesan yang akan disampaikan.

3. Komunikasi, Informasi, dan Edukasi (KIE)
Sistem pendidikan lebih sistematis karena dimulai dengan komunikasi terlebih dahulu, dilanjutkan dengan pemberian informasi dan diakhiri dengan edukasi. Istilah ini sering digunakan pada kegiatan kependudukan dan keluarga berencana.

4. Promosi kesehatan
Digunakan untuk tindakan pencegahan baik pada masa sebelum sakit (Health Promotion and Specific Protection) dan juga pada masa sakit (Early Diagnosis and Prompt Treatment, Disability Limitation and Rehabilitation).
Promosi kesehatan adalah proses memandirikan masyarakat agar dapat memelihara dan meningkatkan kesehatannya (Ottawa Charter, 1986), sedangkan Pendidikan Kesehatan adalah pemberian informasi mengenai perubahan perilaku sehat (Dewi, 2002)

Tidak ada komentar: