Melii's Diary

menjadii sosok gadis yang polos,, dan selalu ingin melakukan yang terbaik untuk orang-orang di sekitar dan orang-orang tersayang terlebih untuk Tuhan yang selalu ada dan menjadi kekuatan dalam setiap detik hidup yang kujalani..

HOME | MY PROFIL

Rabu, 27 Oktober 2010

Belajar menerima kritikan

Guys, kalo aku bertanya
seberapa besar kita yang slalu pengen dipuji orang lain??
Seberapa banyak dari kita yang slalu pngen dianggap baek di depan orang??
Jawabannya pasti semua pengen diperlakukan seperti itu..

Tapiy coba aku bertanya
seberapa besar kita mau menerima sebuah kritikan dari orang laen??
(pasti semua mikir 1000 kali) hehe...

Hmm.. Tau kah anda, sebuah kritikan itu sebenernya jauuh lebih baek dari sekedar pujian..

Why??

1. Mendewasakan
kalo kamu pikir kritikan itu cuma untuk menjatuhkan, artinya kamu belum sampai pada yang namanya kedewasaan.. Karenaaa,, seseorang yang dewasa pasti akan berpkir bahwa kritikan itu akan membuatnya semakin mengerti tentang kekurangan/kelemahannya..

2. Mengubah hidup
memang mengubah hidup jadi lebih baek itu susaaaah amirr.. Mesti jatuh bangun, sampe tetes darah penghabisan (lebai banget yak^^). Nah, salah satu cara mengubah hidup kita lebih baek.. Yaaa.. Itu dia,, mau menerima kritikan. Karenaaa.. Dengan kritikan kita bisa tau sberapa besar kekurangan kita dan dengan gitu, kita punya motivasi untuk berubah menjadi lebih baek.

3. Jauh dari kata "sombong"
kalo dikatain sombong, sapa sih yang mau?? Huh! Kesannya jelek banget tuh.. Nah,, tau gag.. Orang yang gag mau trima kritikan ujung-ujungnya akan terjebak dalam sifat yang namanya KESOMBONGAN. Karenaa diaa dah ngerasa hebat ato bener dan itu bakal nutup matanya akan kelemahan dan kekurangannya yang akibatnya dia bakal nganggap remeh orang laen dan akan selalu merasa diri paling bener!!

Hmm.. Akupun pernah mengalami hal itu, ketika aku masi dalam masa-masa remaja yang punya keinginan selalu dianggap nomer satu, hebat, de el el..
Bahkan untuk menerima kritikan dari oranglainpun aku gag mau. Selalu merasa apa yang aku lakuin bener. Jangankan di luar, di rumahpun aku dikenal gag mau kalah. Biar udah salah, teteup aja ngotot.. Ngerasa bener.
Akhirnya, akupun sempat panen apa yang aku buat. Karena gag pernah mau terima kritikan, akhirnya kebahagiaan yang kumiliki perlahan lenyap. Itu karena keegoisan yang kumiliki, gag mau terima kritik..

Dari situ aku belajar, ternyata ketika berinteraksi dengan temen, sodara, ato sapapun yang ada di sekitar kita.. Kita perlu buka lebar-lebar telinga, mata, hati, dan pikiran sehingga ketika kita mulai mendengar kritikan, kita mampu menerimanya dengan akal sehat kita..

Memang menyakitkan kalo kita harus denger kejelekan kita dari orang lain. Tapi inget, dari rasa sakit itu.. Kita bisa menjadi orang yang jauuuh lebih baek..

Kalo gag kuat trimanya, minta bantuan bokap JC. Yakin lah, Tuhan tuh ngerti apa yang kita rasain..
Pasti Tuhan bakal kasih kita hikmat untuk ngerti n nerima semuanya dengan sukacita..

So.. Why not! Mari belajar untuk menerima KRITIKAN!!^^

Tidak ada komentar: