Melii's Diary

menjadii sosok gadis yang polos,, dan selalu ingin melakukan yang terbaik untuk orang-orang di sekitar dan orang-orang tersayang terlebih untuk Tuhan yang selalu ada dan menjadi kekuatan dalam setiap detik hidup yang kujalani..

HOME | MY PROFIL

Rabu, 27 Oktober 2010

Tahap-tahap pendidikan kesehatan

1. Tahap sensitisasi
Dilakukan guna memberikan informasi dan kesadaran pada masyarakat terhadap adanya hal-hal penting berkaitan dengan kesehatan. Kegiatan ini berupa penyebaran informasi (promotif) tanpa bermaksud untuk mengubah perhlaku tertentu dari masyarakat/individu. Kegiatan ini bisa dalam bentuk radio spot, poster, selebaran, dll.

2. Tahap publisitas
Dilakukan guna menjelaskan lebih lanjut jenis ato macam pelayanan kesehatan apa saja yang diberikan pada fasilitas pelayanan kesehatan, seperti macam pelayanan pada puskesmas, polindes, pustu, dll.

3. Tahap edukasi
Bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan mengubah sikap serta mengarahkan kepada perilaku yang diinginkan dengan cara menggunakan metode belajar mengajar.

4. Tahap motivasi
Dalam tahap ini, pendidikan kesehatan yang telah diterima oleh masyarakat/individu, benar-benar dapat mengubah perilaku sehari-harinya sesuai dengan perilaku yang dianjurkan dalam pendidikan kesehatan sebelumnya.

Tidak ada komentar: