Melii's Diary

menjadii sosok gadis yang polos,, dan selalu ingin melakukan yang terbaik untuk orang-orang di sekitar dan orang-orang tersayang terlebih untuk Tuhan yang selalu ada dan menjadi kekuatan dalam setiap detik hidup yang kujalani..

HOME | MY PROFIL

Rabu, 27 Oktober 2010

Pembentukan perilaku

Sebagian besar perilaku manusia berupa perilaku yang dibentuk dan dipelajari. Berkaitan dengan itu maka salah satu persoalannya adalah bagaimana cara membentuk perilaku itu sesuai dengan yang diharapkan.

1. Conditioning (kebiasaan)

dengan cara membiasakan diri untuk berperilaku seperti yang diharapkan, akhirnya terbentuklah perilaku tersebut. Misalnya: dibiasakan bangun pagi, menggosok gigi sebelum tidur, mengucapkan terimakasih bila diberi sesuatu oleh orang lain, membiasakan diri untuk datang tidak terlambat di kantor dan sebagainya.

2. Insight (pengertian)

Pembentukan perilaku dengan didasarkan kepada pengertian terhadap suatu situasi yang dapat merugikan atau mengganggu orang lain. Misalnya: datang kuliah jangan sampai terlambat karena hal tersebut dapat mengganggu teman-teman yang lain; bila naik motor harus pakai helm karena hal tersebut untuk keamanan diri sendiri, dan masih banyak contoh lainnya.

3. Model

Pembentukan perilaku masih dapat ditempuh dengan menggunakan model atau contoh. Kalau orang bicara bahwa orang tua sebagai contoh bagi anak-anaknya, pemimpin sebagai panutan yang dipimpinnya. Contoh ini menunjukkan pembentukan perilaku dengan menggunakan model.

Tidak ada komentar: