Melii's Diary

menjadii sosok gadis yang polos,, dan selalu ingin melakukan yang terbaik untuk orang-orang di sekitar dan orang-orang tersayang terlebih untuk Tuhan yang selalu ada dan menjadi kekuatan dalam setiap detik hidup yang kujalani..

HOME | MY PROFIL

Rabu, 27 Oktober 2010

Teori perilaku

1. Teori Insting (naluri)

Mc Dougall pelopor dari psikologi sosial mengemukakan bahwa perilaku itu disebabkan karena insting. Insting merupakan perilaku yang innate (perilaku bawaan) dan insting akan mengalami perubahan karena pengalaman. Pendapat ini ditentang oleh E. Allport yang berpendapat bahwa perilaku manusia disebabkan karena banyak faktor, termasuk orang-orang yang ada di sekitarnya.

2. Drive theory (teori dorongan)

Teori ini bertitik tolak pada pendapat bahwa organisme itu mempunyai dorongan-dorongan atau drive tertentu. Dorongan-dorongan ini berkaitan dengan perilaku manusia untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan hidupnya. Bila organisme mempunyai kebutuhan dan organisme ingin memenuhi kebutuhannya maka akan terjadi pengurangan atau reduksi dari dorongan-dorongan tersebut. Karena itu menurut Hull teori ini disebut teori drive reduction.

3. Incentive theory (teori insentif)

Teori ini bertitik tolak pada pendapat bahwa perilaku organisme itu disebabkan karena adanya insentif. Dengan insentif akan mendorong organisme berbuat atau berperilaku. Insentif atau yang disebut juga reinforcement (penguatan) ada yang positif dan ada yang negatif. Reinforcement yang positif berkaitan dengan hadiah, sedangkan yang negatif berkaitan dengan hukuman (punishment). Reinforcement yang positif mendorong perilaku sedangkan yang negatif menghambat perilaku.

4. Teori atribusi

Teori ini menjelaskan tentang sebab-sebab perilaku seseorang. Apakah perilaku disebabkan oleh disposisi internal (misalnya motif, sikap, dsb) atau oleh keadaan eksternal. Teori ini dikemukakan oleh Fritz Heider.

Tidak ada komentar: